Tips Mengembalikan Posisi Bayi yang Sungsang

Semua ibu (hmm, kebanyakan ibu-ibu) pasti pengen melahirkan secara normal, tapi kadang ada beberapa kondisi yang mengharuskan operasi caesar, salah satunya posisi bayi yang sungsang yaitu posisi kepala bayi menghadap keatas dan kakinya dibawah menutupi jalan lahir.


Sebenernya sih sampe mau melahirkan juga posisi bayi masih bisa berubah-ubah, cuma waktu itu ketauan kalau si Baby B sungsang pas uk 38 minggu. Panik? iya banget karena saya sangat mengimpi-impikan melahirkan secara normal (selain karena emang faktor biaya yang lebih murah dan setelah melahirkan pun proses penyembuhannya nggak selama kalau di operasi).

Saya pernah cerita di postingan sebelumnya tentang dokter kandungan saya yang kalau ngomong suka blak-blakan dan apa adanya, beliau komentar "wah kalo kayak gini ngelahirinnya kayak jalan tol dong," maksud dia tuh caesar lancar nggak pake ngeden-ngeden 😩
Pak dokter sukses bikin saya down sejadi-jadinya. Rasanya sedih banget sih udah divonis kayak gitu, cuma beliau bilang "dengan keajaiban" posisi bayi masih bisa berubah, makanya saya ditunggu kontrol lagi dua minggu untuk ngeliat gimana posisi Baby B. Dokter bilang saya harus banyak-banyak nungging, sujud yang lama, dan ngepel sambil jongkok.

Selama dua minggu saya ngelakuin semua yang dibilang dokter, yang pertama nungging. Posisi nunggingnya ini beda dari sujud ya buibuk. Posisi nungging atau yang dikenal dengan knee chest ini caranya dada ibu nempel di kasur (sebaiknya sih pake alas yang empuk banget soalnya saya pribadi suka sakit kalo langsung ke lantai), tangan kanan dan kiri dilebarkan ke samping, sehingga nunggingnya bener-bener nungging.

Hasil gambar untuk knee chest position pregnancy

Posisi knee-chest ini disarankan sama dokter saya untuk dilakukan selama 5-10 menit setiap hari. Mau berapa kali sehari sih terserah buibuk tapi saya pribadi 5 kali sehari tiap abis solat biar nggak lupa.

Selain posisi knee-chest diatas, disaranin juga buat ngepel jongkok (ngepel pake tangan), kalau ngepel pake tangan kan otomatis kita akan nungging, cuma dokter saya menyarankan nggak terlalu sering untuk ngepel karena memang ekstra capek dibanding ngelakuin knee-chest position dan beresiko ibu hamil bisa kecapean, jadi saya ngepel sambil nungging ini 2x seminggu, sesuai jadwal ngepel rumah, yah itung-itung rumah bersih trus posisi Baby B bisa normal juga 😆

Selama dua minggu saya ngelakuin itu semua sambil banyak-banyak berdoa semoga posisi Baby bisa kembali normal, oh iya ada yang bilang juga bayinya diajak ngobrol gitu, cuma saya masih belom terbiasa ngomong sendiri sama perut, jadi bener-bener super jarang banget ngobrol sama Baby B (gimana sih ya udah mau ngelahirin tapi belom bisa bonding sama bayi sendiri, hiks).

Alhamdulillah setelah dua minggu rutin melakukan hal-hal diatas, Baby B posisinya normal, kepala sudah dibawah (mungkin memang lebih mudah untuk saya karena posisi Baby B yang melintang, jadi kepalanya di samping gitu, tapi tips ini juga bisa untuk bayi sungsang cuma presentasi keberhasilan tiap ibu hamil beda-beda.

Posisi bayi saya kepalanya sudah dibawah tetapi masih ngambang alias belum masuk panggul cuma dokter bilang sih udah nggak bisa berubah posisi lagi karena sudah besar dan plasenta yang makin sempit (semoga yaa). Habis itu saya udah nggak disaranin malah nggak boleh lagi nungging-nungging soalnya takut posisi kepalanya geser. Jadi selama menunggu kelahiran ini saya disuruh banyakin jalan pagi dan jongkok biar Baby B cepet turun.

Selain cara diatas buibuk juga bisa ikut senam hamil, kalau bisa dari uk 27 minggu keatas udah ikutan senam hamil ya buk, jangan kayak saya yang udah 39 minggu baru ikutan senam hamil (bikin instruktur senamnya nyengir-nyengir liat saya susah gerak 😝) karena saya pemalas dan jarang olahraga, jadinya pas senam tuh susaaaah banget dan kaku banget sampe keringetan nggak kuat ngangkat perut yang beratnya 3 kilo lebih.

Semoga tips diatas bermanfaat yaa

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top