Baby Blues

Saya mau curhat sedikit nih tentang baby blues yang saya alamin bulan lalu.

Jadi awalnya saya pikir baby blues itu semacam perasaan depresi si ibu sehingga berakibat menyakiti diri sendiri dan bayinya, eh ternyata saya salah. Kalo yang kayak gitu namanya bukan baby blues tapi postpartum depression , versi lebih parahnya dari baby blues.

Dengan pedenya saya bilang ke temen-temen kalau saya nggak pernah ngalamin baby blues selama ngurus bebe, lagi-lagi pas baca artikel ciri-ciri baby blues kok sama persis sama kondisi saya sekarang yah.

Dari web http://americanpregnancy.org/first-year-of-life/baby-blues/, ciri-ciri baby blue itu :
- muncul perasaan tiba-tiba mau nangis aja bawaannya
- nggak sabaran
- insomnia
- badan kayaknya capeeek terus
- sedih berkepanjangan
- senggol bacok
- konsentrasi lemah
- mood berubah-ubah

Dan bener banget sih, saya ngerasain itu semua sampe suami saya yang jadi korbannya, untung dia sabar dan paham banget capeknya saya ngurus bebe karena memang kami nggak pake PRT, selain mahal, saya juga nggak mau pake PRT karena saya merasa mampu beres-beres rumah sambil ngurus bebe.

Anehnya kok baby blues saya cukup lama hilangnya. Mungkin karena sebulan ini saya dirumah terus sama bebe, karena mama saya ngelarang bayi kalo belom 6 bulan buat dibawa kemana-mana. Kebayang nggak betenya saya dirumah setiap hari bahkan weekend nggak kemana-mana. Satu-satunya hiburan saya cuma nonton drama korea.

Tapi, walaupun saya baby blues, saya nggak pernah ngerasa kesel sama bebe . Pernah suatu kali saya ngantuk banget dan bebe nangis-nangis nggak mau bobo, pengen rasanya saya diemin dan tinggal tidur, tapi ya tapi saya mikir lagi. Bayi tuh makhluk paling kasian, udah nggak bisa ngomong, nggak bisa ngapa-ngapain, luluh lah saya dan langsung saya gendong si bebe sambil minta maaf sempet diemin dia.

Cara saya buat ngilangin baby blues tuh makan cokelat, nginep dirumah mama (ini ampuh kedua karena kalo dirumah mama, bener-bener bisa rileks soalnya ada yang ngurusin bebe), nonton drama korea, oh iya penting juga untuk selalu mikir hal yang positif. Soalnya pas baby blues tuh saya cenderung mikir yang jelek-jelek, jadinya makin depresi. Apalagi suami kerja pulang malem, lengkap deh tuh depresinya.

Baby blues yang bertahan lebih dari 14 hari itu yang bahaya dan bisa mengarah ke post partum depression. Paling manjur sih kalo ngerasain baby blues ya curhat atau cari temen ngobrol yang pengertian dan mau ngertiin kondisi kita.


CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top