Ketika Bebe Demam

Baru aja saya posting foto Baby B pas dia udah sebulan, eh besoknya langsung demam.

Awalnya hidung bebe suka mampet, bahkan pernah suatu malam dia nangis kejer banget. Disusuin masih nangis, di gendong masih nangis, pas saya dengerin kok nafasnya ada suara kayak ketutup lendir gitu, dan ternyata bener ada kayak upil lendir nutupin lobang hidungnya, yaudah saya langsung buru-buru ambil cotton bud, saya olesin baby oil dulu baru saya masukin ke hidungnya pelaaaan pelaan banget. Hamdalah keluar lendirnya dan bebe tidur lagi dengan pulasnya.

Setelah beberapa hari sempet ada lendir putih di hidung (padahal bebe rajin saya jemur), pas nyusuin subuh-subuh, saya pegang kepala bebe, dan kepalanya anget banget. Saya pegang lehernya juga sama hangatnya. Awalnya saya curiga cuma anget biasa karena AC-nya dingin jadi mungkin dia menghangatkan badan apa gimana (sotoy), saya tetep susuin dia dan bebe tidur lelap lagi.

eng ing eng, paginya pas mau mandiin saya ukur suhu tubuhnya dan jreng, 37.8 derajat buibuk

Paniklah saya dan suami, bebe nggak jadi mandi dan cuma diganti popok sama dilap mukanya aja. Saya telfon mama dan siangnya kita kerumah sakit. (suami kerja jadi dia cuma bisa bolak balik nelfon saya nanyain kondisi bebe)

Bebe saya bawa ke rumah sakit ibu dan anak Sammarie Basra yang di pondok bambu (sebelumnya saya di Wijaya, tapi karena kejauhan jadi pindah kesini dan ternyata bagus juga loh sammarie basra). Sebelum ke rumah sakit saya udah cek jadwal dokter anak hari ini dan jadwalnya dokter Linda. Saya juga sempet googling dulu dokter Linda tuh kayak gimana orangnya, dan saya nemu blog ibu-ibu juga yang cerita panjang lebar kalo dokter Linda tuh teliti, sabar dan baik. Hamdalah ternyata ada juga dokter yang sama kayak dokter bebe pas di Sammarie Wijaya, yaitu Dr Runi.

Sampe rumah sakit, suhu badan dan berat badan bebe diukur, Bebe sebulan naik sekilo dan panasnya turun jadi 37.5, bebe juga mau nyusu lama (sebelumnya dia tidur terus dan nyusu juga cuma sebentar banget).

Oke, kita masuk ke ruang dokter. Saya menjelaskan kondisi Bebe sambil bebe dipegang suster. Setelah diperiksa, dokter bilang kalo anak saya masih demam awal (lupa deh istilahnya apa gitu), kalau yang udah deman banget suhunya 38 derajat keatas dan harus diminumin obat panas, karena bebe panasnya nggak tinggi, dokter ngasih obat cuma buat jaga-jaga kalo panasnya naik.
Dokter Linda bilang, kalo bayi demam sebenarnya cukup dikasih ASI yang banyak, trus coba dilakukan skin to skin dimana bayi dan ibu buka baju terus bayinya disusuin nempel ke badan ibu sehingga panas di badan bayi bisa berkurang karena nempel badan ibunya.

Oh iya, suhu kamar sebaiknya 27 derajat dan jangan arahin ac langsung ke baby.

Setelah dijelasin dokter saya jadi nggak terlalu panik. Sampe rumah saya susuin bebe terus, dia tidur saya bangunin, mama pun maksa-maksa saya buat gangguin bebe biar dia nggak tidur dan nyusu terus sampe ketika saya susuin, bebe muntah. Muntahnya banyaaaaak banget sampe ke baju saya dan baju dia basah semua. Panik dong, saya teriak-teriak manggil mama. Mama bilang itu wajar soalnya bayi muntah sambil ngeluarin dahak lendir yang di lehernya karena bayi kan belom bisa disuruh batuk buat ngeluarin dahak.

Alhamdulillah besoknya panas bebe turun drastis, bebe tidur nyenyak dan anteng banget tidurnya (mungkin karena masa pemulihan juga jadi dia banyakan tidur), cuma ya pileknya yang belom hilang-hilang sampe sekarang (kurang lebih udah 3 hari).

Intinya, kalau anak demam jangan panik, dan terus susuin si baby sampe panasnya turun. Biasanya yang bahaya kalo dia sampe muntah terus, nggak mau minum susu, dan panasnya 38 derajat, sebaiknya segera dibawa ke dokter.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top