ASI Booster

Waktu saya hamil, payudara saya membesar dengan tidak begitu signifikan, kenapa? karena pada dasarnya saya memang wanita yang berdada kecil apalagi waktu sebelom hamil saya kurus banget , kebayang lah ya kalopun gendut pas hamil yang gede bukan dadanya tapi perut kebawah. *OOT
Pas mau melahirkan saya sempet khawatir air susu saya nggak keluar, jadinya buat jaga-jaga saya minta tolong mama beliin mama Soya.

Apa itu mama Soya?

Mama Soya tuh kayak susu kedelai bubuk tapi ada beberapa campurannya juga gitu, rasanya ada dua, vanila sama coklat. Saya beli dua rasa tapi yang diminum baru yang rasa vanila, dan rasanya enak kok. Saya tau mama soya juga dari temen saya, dia bilang kalo minum mama soya ASI tuh tumpah ruah gitu dalam waktu singkat, yaudah lah langsung dibeliin 10 dus sama mama. So far, nggak tau karena Mama Soya atau gimana, tapi sampe sekarang alhamdulillah ASI saya cukup untuk memenuhi kebutuhan baby B.

Selain mama soya, saya juga dikasih suplemen ASI sama dokter, namanya Lactamam. Tablet warna kuning oranye trus baunya rada-rada kayak jamu. Saya rutin minum sehari 3x 2 kapsul.

Belum cukup dua ASI booster diatas, thanks to terkenalnya saya sebagai pemilik dada rata di keluarga besar mama saya (sampek-sampek om-om saya aja tau dan khawatir soalnya dada saya kecil takut nggak ngeluarin susu katanya grrr) saya tiap hari dimasakin sayur katup sama mama, nggak lupa juga makan telor rebus tiap pagi.

Oh iya, lactamam kayaknya cuma ada di apotek dirumah sakit gitu, soalnya suami saya keliling-keliling apotek dideket rumah dan gak ada yang jual lactamam, trus lactamam tuh ada kandungan fenugreeknya dan itu yang bikin badan saya bau jamu.

karena lactamam saya sudah habis, sekarang saya konsumsi vitamin Alora (soalnya udah keliling tapi gak dapet lactamam). Bentuknya tablet dan kalo diminum bener-bener gak enak (demi ASI banyak biarin deh). Sebenernya sih yang bikin ASI banyak itu bukan vitamin atau makanan, vitamin tuh cuma jadi semacam sugesti dan membuat ibu menyusui jadi pe-de, ASI banyak atau sedikit tergantung dari supply dan demand, semakin sering nyusuin anak, semakin banyak ASInya, makanya harus rajin-rajin nyusuin atau mompa biar cepet kosong trus isi lagi (ini kata dokter loh). Selain rajin nyusuin, stres juga ngaruh loh, makanya ibu menyusui nggak boleh sering stres, itu bisa bikin produksi ASI menurun. Saya pribadi juga kalo udah stres pikirannya jadi parno, langsung mikir 'aduh ASI dikit nih' malah sugesti yang nggak-nggak jadinya.

Biar nggak stres saya biasanya nonton drama korea atau makan coklat, nanti saya mau share masa-masa saya kena baby blues.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top