Welcoming Bebe (Part 2)

Perasaan lega campur haru pas ngeliat bebe keluar dari perut dan ditaro di dada saya untuk IMD (inisiasi menyusui dini).
Saya juga super excited ketika saya dan bebe boleh pulang kerumah. Saya sengaja nggak tinggal sama mama papa walaupun kondisi saat itu masih lemah banget dan nggak bisa beraktivitas kayak biasa, tapi saya bela-belain supaya bebe bisa cepet adaptasi sama kondisi rumah , soalnya saya takut kalo bebe tinggal dirumah mama, pas dibawa pulang ke rumah saya dia malah nggak betah (rumah mama saya adem banyak ventilasi, sedangkan rumah saya tipe minimalis yang sedikit ventilasi jadi agak panas).

Awal-awal ngurus bayi saya kewalahan. Pertama, saya begadang untuk pertama kalinya setelah kemarin pas lagi hamil 9 bulan kerjaan saya cuma makan-tidur-makan, otomatis badan jadi cepet capek. Kedua, karena terbatasnya gerak, saya jadi susah mau ngapa-ngapain jadi emosi saya suka naik turun kalo orang yang saya mintai tolong nggak langsung sigap nolongin saya.

Temen-temen juga sempet bilang kalo kebanyakan ibu baru melahirkan bakal kena baby blues. 

apa itu baby blues?

Kalo dari website http://americanpregnancy.org/first-year-of-life/baby-blues/, baby blues tuh kayak mood swing dan muncul perasaan-perasaan negatif pasca melahirkan. Awalnya saya mikir, ' nggak mungkin lah saya baby blues, saya bahagia kok ada bebe' dan ternyata itu cuma berlangsung selama hitungan jam.  Sehari begadang masih okelah, hari kedua muncullah rasa-rasa kesel nggak jelas (mungkin karena capek juga baru keluar dari rumah sakit dan begadang).
Korbannya jelas : suami saya.
Hamdalah suami saya orangnya pasrahan jadi dia terima-terima aja saya marahin hahah.

Untungnya badan saya cepet adaptasi sama kondisi baru ini, sekarang-sekarang kalau ngurus bebe udah nggak secapek dulu dan jam tidur bebe juga mulai teratur dan mood swing saya juga nggak terlalu parah.

Memang berat ya ngurus bayi tuh, luar biasa banget sama stay at home mom yang ngurus anak sendiri apalagi kalo nggak pake PRT.
well, segala capek akibat begadang selalu aja hilang kalo udah ngeliat bebe :)

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top