Motherhood Madness

Pertama kalinya dalam mengurus bebe saya menangis.


Saya benar-benar kelelahan dan menangis ketika bebe nggak mau tidur padahal sudah jam bobonya dan rewel ampun-ampunan nggak mau disusuin. 
Saya nangis sekenceng-kencengnya sambil dzikir (Suami saya masih dikantor). 
Sendirian ngurusin rumah dan bebe tanpa bantuan asisten rumah tangga bikin saya ambruk juga. Sebenernya saya udah biasa sendiri karena dari awal setelah melahirkan saya nggak tinggal dirumah mama, tapi entah kenapa pada hari itu saya merasa benar-benar lelah. Dalam kelelahan dan rasa frustasi itu saya berfikir, oh jadi ini ya yang mungkin dirasakan mama saya, apalagi waktu itu papa sering berlayar.
Mama saya dulu pernah cuek bebek sama kami anak-anaknya. Waktu itu saya kelas 4 SD dan adik saya kelas 1 SD. Mama saya tidur seenaknya ketika adik saya yang paling kecil nangis-nangis dan eeknya berserakan dilantai (serius ini eeknya bulet-bulet dilantai). Sampai akhirnya saya dan adik saya yang mungutin eek adek bayi yang berantakan dilantai pake sapu lidi, kita tusuk satu-satu trus buang kesampah hahaha).
Pada saat itu saya mikir kok mama saya tega banget dan seenaknya sih, kan si dedek bayi lagi nangis rewel.

Dan sekarang saya paham. 

Syukur-syukur saya nggak gila dan nggak sampe ninggalin bebe.

Tapiii, saya sempet kepikiran banget mau cuti jadi ibu. iya cuti. nggak tau ya apa waktu itu saya khilaf tapi rasanya saya mau mati. Stress, frustasi, sedih, kesel semua campur jadi satu. Rutinitas saya yang monoton (yang setiap hari melakukan 'kewajiban' saya sebagai ibu rumah tangga) bikin saya jengah dan meledak juga. Seseneng apapun saya bersih-bersih dan ngurus rumah, ternyata ada batasnya juga. Saya sempet kesel sama bebe, rasanya saya marah sama bebe karena dia nggak mau nurut dan nangis melulu, tapi pas bebe tidur lenyap sudah semua rasa frustasi dan marah saya.

Setelah bebe tidur saya juga ikut rebahan. Bak mandi bekas bebe belom saya beresin, rumah belom saya sapu, semua berantakan dan saya nggak peduli. Iya, saya capek dan lebih memilih untuk menenangkan diri saya daripada ngurusin kerjaan yang toh tiap hari akan gitu lag gitu lagi, daripada saya gila ya kan?

Saya pernah baca sebuah artikel yang membahas lebih baik jadi smart mom daripada supermom. Ya, selama ini saya berusaha menjadi super mom, mulai dari menjaga rumah tetap bersih sampai ngurus anak segalanya saya kerjain. Saya berusaha menjadi istri yang sempurna. Padahal, kalo saya jadi smart mom, saya bisa pilah-pilih mana yang saya kerjain duluan, istilahnya bikin daftar prioritas, mana yang bisa ditunda, dan mana yang harus dikerjain.

Kemarin saya kelabakan ngerjain ini itu dan semuanya. Saya merasa harus sempurna, padahal toh dengan cucian nggak saya cuci dulu atau lantai nggak saya sapu dulu, orang-orang dirumah nggak bakal mati juga toh.

Yah, walopun saya masih suka stres juga sih sekarang, tapi saya sudah bisa mulai pilah pilih mana yang harus diutamakan dan mana yang harus ditunda. 
Dan saya bersyukur suami saya waktu itu bilang ke saya "makasih ya sayang udah jadi istri dan ibu yang baik. udah ngurusin bebe dan ngurusin rumah, aku beruntung banget punya kamu sebagai istri aku"

JENG JENG

saya kembali waras dalam sekejap dan terharu ternyata suami saya selama ini ngeh atas effort saya mengurus rumah dan bebe yang ternyata sama sekali nggak gampang.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top