Counting Down Baby B

Nggak kerasa setelah hampir 9 bulan lamanya mengandung, baby B insya Allah sebentar lagi lahir :D

Deg-degan? iya banget

Perasaan campur aduk mikirin proses lahiran nanti, saya ngarep banget bisa lahir secara normal (selain karena faktor biaya operasi sesar yang mahal, saya juga takut rasa sakit yang muncul setelah sesar) makanya pas dua minggu sebelumnya dokter bilang posisi baby B melintang, perasaan saya langsung campur aduk, antara sedih, kesel sama diri sendiri yang males senam hamil dan jalan pagi, dan marah sama baby B.

iya saya marah sama bayi yang bahkan belom lahir, saya sempet marah kenapa baby B yang posisinya udah sempet bagus eh malah melintang pas deket-deket lahiran :(
tapi akhirnya dengan doa dan usaha nungging (nanti dibawah saya share gimana posisi nungging yang benar menurut dokter) selama dua minggu, baby B alhamdulillah sudah normal posisinya :")

Usia kandungan saya sekarang sudah masuk 39 minggu. Saya lagi getol-getolnya jalan pagi dan jalan jongkok supaya baby B kepalanya turun dan saya bisa cepet mules-mules (walaupun baca-baca blog dan forum ibu hamil sih katanya akan ada waktunya sendiri si bayi mau lahir, tapi saya anaknya panikan kalau sampai kontrol terakhir baby B belom turun kepalanya) trus lahir secara normal amiin!

oke, sekarang saya mau share gimana caranya balikin posisi bayi yang sungsang atau melintang.

Kalau dari hasil googling sih, kondisi melintang kemungkinan besar bisa balik normal , cuma kalau untuk posisi sungsang (kepala diatas, kaki dibawah deket rahim) butuh usaha ekstra supaya bisa balik ke posisi seharusnya.

1. Nungging
Nungging disini bukan nungging kayak sujud, mirip-mirip gerakan sujud saat sholat, tetapi posisi ini mengharuskan dada/pundak ibu menempel ke lantai (baiknya dilakukan diatas matras atau kasur) dan posisi tangan dilebarkan kesamping buat menahan berat badan ibu. Gerakan ini disarankan oleh dokter kandungan saya untuk dilakukan selama 5-10 menit

2. Ngepel sambil nungging
Ini sebenernya nggak gitu disaranin sama dokter soalnya takut si ibu kecapean. Caranya si kayak ngepel jaman dulu gitu yang pake tangan sambil nungging-nungging tapi nunggingnya ga ekstrim juga kayak gerakan diatas. Disini sekuatnya ibu hamil aja ya soalnya emang pegel banget yang namanya ngepel nungging.

Sekian dulu deh postingan saya, kepanjangan juga kayaknya yah nanti jadi OOT

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top