Mau Curhat Aja

Wew..been a while ya nggak nulis-nulis, nggak kerasa bebe udah setahun aja, tapi blog saia masih gini-gini aja, saianya juga masih gini-gini aja (halah)

Cuma mau mengeluarkan uneg-uneg aja,soalnya kemarin pas lagi nyuapin bebe di rumah mbahnya, ada tetangga emak saia sama anak dan cucunya tau-tau nyamperin saya.
naaah..entah udah berapa tahun nggak ketemu, basa basilah si tante itu (saya manggilnya tante aja ya biar nggak ribet)

tante : eh hesti..udah gede aja anaknya. Nggak kerja?

saia : iya tante, nggak. dirumah aja sama bebe"

tante : oh..loh, kok nggak kerja? kenapa nggak kerja? (dengan tampang dan nada suara seolah-olah ibu nggak bekerja itu amat sangat aneh)

saia : (bingung sambil senyum ) iya tante nggak kerja,emang pas punya anak maunya nggak kerja

tante : ohh...(dengan raut muka nggak enak)

Seriously, yang kayak gini ini nih yang suka bikin mood saya nggak enak sampe beberapa hari.
Padahal yah, saya tuh udah ngerasain yang namanya dunia bekerja apalagi saya dulu kerja di pabrik yang amat jauh dari peradaban (lebay), ngerasain juga kuliah S2 sambil hamil tapi ya kuliahnya saya stop pas si bebe lahir karena emang saya merasa nggak bisa fokus kalo kuliah sambil ngurus anak.

Pertanyaan kayak gini tuh seriiiiing banget terjadi. Kalo yang nanya muka dan intonasinya biasa aja sih yaudah ya saya juga nggak masalah,tapi kalo yang kayak si tante ini yang kesannya men judge saya tuh rasanya nyebelin dan bikin sedih

Sejujurnya saya juga sempet terbersit keinginan untuk kerja. Kan lumayan ya kerja bisa dapet duit bantu-bantu suami, saya juga nggak jenuh dirumah terus sama anak. Tapi ya emang dasarnya hati saya nggak sekuat hati ibu-ibu bekerja , saya memutuskan untuk jadi ibu rumah tangga aja, seperti mama saya.
Saya nggak tega soalnya ninggalin anak dirumah, ninggalin anak ke mall sama mbahnya aja di mall tuh nggak tenang kayak dikejar polisi (ciyus ini nggak lebay). Saya selalu netapin jam maksimum jalan dimall kalau si bebe ditinggal, se nggak bisa itu saya ninggalin anak.

Dan lagi, alasan saya memilih jadi IRT (ibu rumah tangga) karena saya mau kayak mama saya yang bisa liat tumbuh kembang anaknya sampe anaknya nikah wqwq
saya mau jadi yang pertama liat tumbuh kembang anak, saya juga mau nganterin anak saya sekolah,les ina inu, dan lainnya.
Well,selain itu juga supaya lebih menghemat pengeluaran aja sih, soalnya kalopun saya kerja juga gaji saya berapa ya menyesuaikan dengan ijazah S1 saya dan pengalaman kerja yang cuma berapa lama, agak ngimpi sih kalo gaji saya bisa besar gitu. Misal dapet gaji 6 juta pun, belom pake bayar baby sitter kan nggak mungkin saya titipin mama saya tanpa ada yang bantuin beliau, kasian kan mama udah tua juga.

Jadiii dengan berbagai pertimbangan diatas ya saya memutuskan mau jadi IRT aja dengan segala minus-minusnya. Emang dikira jadi IRT kerjanya cuma ngurus rumah sama ngurus anak trus udah gitu bisa ena ena leha leha dirumah? hell, no.

Ngurus rumah juga nggak kayak kerja kantoran yang ada jamnya, saya ngurus rumah nggak kenal waktu, mau pagi siang sore subuh juga ya kalo berantakan ya rapih-rapih. Jenuh ? iya banget lah. kerjaan kita monoton, ditambah saya cuma berdua aja, mau ngobrol sama siapa? kalo dulu saya kerja mau sebosen apapun juga bisa curhat dan ngobrol face to face sama temen, sekarang? suami aja pergi pagi pulang malem wqwq

Intinya siih, saya cuma prihatin kok masih ada ya orang kayak tante itu, seolah-olah menjadi IRT tuh apalah ga sebanding dengan working mom. Buat saya pribadi, jadi IRT jaman now itu banyak tantangannya, saya pengen nggak terbawa arus dual income dan membuktikan kalo hey, saya jadi IRT dan alhamdulillah kehidupan saya baik-baik saja, keluarga kecil saya hidup berkecukupan, meskipun kita nggak bisa sering-sering belanja macem-macem atau liburan sana sini, but I'm satisfied.

So, gitu aja sih cuma pengen ngeluarin uneg-uneg yang nggak tau mau dilimpahin kemana. Mohon maaf kalau tulisan saya ada yang menyinggung perasaan yang baca, karena seriously ini semua berdasarkan "me" point of view yaa..kalo tidak sependapat ya monggo nggak usah dihina bina juga saiaya nyah :""



CONVERSATION

1 komentar:

Back
to top