Perlengkapan Bayi

Menyiapkan perlengkapan bayi tuh emang seru banget, apalagi barang-barang bayi tuh lucu-lucu semua, rasanya pengen beli macem-macem entah nantinya bakal kepake apa nggak.
Waktu mau belanja perlengkapan bayi, saya nanya sama mama apa-apa aja yang harus dibeli, dan ternyata si mama juga ga paham apa ya yang harus dibeli pertama kali buat bayi , barang apa yang kira-kira wajib harus ada ? mungkin karena beliau juga udah lebih dari 26 tahun ga megang bayi jadi ya udah lupa tuh dulu pas ngelahirin saya apa aja yang disiapin hehe

Jadilah saya tanya temen saya yang udah punya baby duluan kira-kira apa aja yang harus dibeli dan kapan sih sebaiknya saya belanja kebutuhan si bayi?

Barang-barang yang saya beli tentunya ga wajib harus ibu-ibu lainnya beli juga, semua kembali ke kebutuhan dan selera masing-masing yaa, karena kan tiap ibu pasti beda maunya dan kebutuhannya apa, ada yang udah punya jadi ga usah beli lagi atau ada yang prefer beli barang second aja. List barang ini juga berdasarkan pengetahuan ala kadarnya dari hasil googling, baca blog ibu-ibu hamil, dan nanya sana sini.

Oh iya, kalau untuk tempat belanja perlengkapan bayi sih banyak yang bilang kalau di fany baby di itc kuningan itu murah-murah cuma ramenya minta ampun. Bener sih,  saya ke fanny baby cuma untuk beli breast pump, dan bener aja, dari jam 11 siang fany baby udah rame banget. Enaknya sih yang ngelayanin cekatan , jadi kalo kesana tinggal bawa aja list barang apa yang dibutuhin nanti mba-mbanya yang ngambilin, kita tinggal duduk manis nungguin barangnya, trus harga di fany baby juga sepertinya fix price karena udah ditempel harganya di barang yang mau kita beli.

Saya awalnya belanja borongan di Happy Bear di itc kuningan, lengkap banget dan nyaman karena nggak terlalu rame, mba-mba yang jaga juga sangat membantu dan nyaranin apa-apa aja yang harus dibeli (tapi kadang annoying sih karena jadinya kok kayak nyuruh beli semua isi toko -__-) tapi tetep kita yang harus nentuin mau beli barang itu apa nggak, kalau soal harga lumayan mahal dikit kayaknya ya dibanding fanny baby (saya pernah bandingin harga sama temen saya yang belanja di tanah abang, dan ternyata ada barang yang di happy bear mahal tapi di tanah abang murah dan sebaliknya, overall tetep murahan happy bear, beda tipis gitu deh).

Selain di happy bear dan fanny baby, toko bayi di thamrin city juga harganya cukup mahal (lupa nama tokonya soalnya saya nitip mama yang kebetulan lagi nyari gamis disitu) karena emang toko bayi disitu dikit juga jadi harganya jauh lebih mahal dibanding happy bear & fanny baby. Saya juga pernah belanja di mangga dua, dan lagi-lagi harganya cukup mahal dibanding dua toko di itc kuningan itu.

Oke deh sekarang masuk ke list apa aja perlengkapan bayi yang saya beli :D

1. Popok bayi
Ini penting nih katanya kalau bayi yang baru lahir harusnya jangan pake pampers dulu (kata temen sih anaknya baru pake pampers setelah 3 bulan) soalnya kadang suka bikin ruam, jadilah saya beli 2 lusin popok bayi putih. Oh iya, saya belanja perlengkapan bayi ini di Happy Bear. Harga selusinnya Rp 80,000

2. Bedong Polos
Saya beli bedong 1 lusin dan warnanya polos, mau beli yang motif lucu-lucu tapi harganya mahal huft. Bedong ini kalo ga salah harganya Rp 300,000

3. Perlak
Buat mandi atau alas tidur biar kalo ngompol gak merembes ke kasur si bayi. Harganya Rp 75,000, ini juga sama belanja di happy bear

4. Kelambu
Supaya si baby nggak digigit serangga. Btw, nyari perlak nih susah-susah gampang ya, saya cari di happy bear gak ada, belanja online ga ada sizenya, di moth**c** harganya selangit, nitip mama saya di thamcit juga ga nemu, dan coba tebak baru nemu dimana? yap, di mangga dua sodara-sodara. Rumah saya di bekasi, fyi.
Harga : Rp 75,000

5. Bumper atau Bedding set
Nah ini juga gak kalah penting menurut saya, apalagi box bayi saya kan dari kayu ya jadi harus banget dilapisin bantal-bantal ini supaya si bayi ga kejedot. Harganya : Rp 450,000 (udah termasuk bantal peyang, guling, selimut, sprei, dan alas tidur yang rada tebel).

6. Baju, kaos dalem, topi, dan Celana bayi
Ini juga beli setengah lusin doang, kata mama jangan banyak-banyak soalnya si baby bakalan cepet gede juga, harga Rp 180,000

7.  Bak mandi dan peralatan mandi
Bak mandi standar lah ini, ditawarin yang kece-an lagi cuma harganya lebay jadi gak jadi. Harga: Rp 100,000. Kalau peralatan mandi paling waslap, handuk, sama perlengkapan kayak bedak2an , kapas bayi, tisu basah, gitu-gitu, saya belinya merek switzal soalnya dari dulu mama pakenya itu dan dapet bonus cd cara mijet dan mandiin bayi :D

8. Gurita bayi
Kemaren pas ngobrol sama mba-mba happy bear, dia bilang sih gurita bayi sekarang udah nggak boleh dipake lagi, banyak dokter yang gak menyarankan atau ngebolehin pake gurita, cuma ya namanya belanja bareng emak dan mama saya ini termasuk ibu-ibu yg "jadul" jadi tetep saya beli gurita bayi setengah lusin. Harga : Rp 40,000

9. Perlengkapan ASI
Sebenernya saya cukup bingung apa aja sih yang harus dibeli soalnya mama saya dulu nggak pake apa-apa dan bisa nyusuin saya, tapi sekarang tuh rasanya nggak afdol kalo nggak beli alat pompa ASI atau merah pake alat. Saya sih yang udah takut duluan, taku nggak bisa mompa pake tanganlah, takut ASI nya nggak keluar kalau pake tangan, jadilah saya browsing-browsing berbagai merek pompa ASI yang bejibun, baca reviewnya juga dari blog buibu lain, dan pilihan saya jatuh ke merek Pigeon. Kenapa? karena harganya nggak semahal merek yang lain :''D
Sempet sih naksir pompa merek lain yang mereknya udah terkenal banget dan yang elektrik (saya beli yang manual) tapi kembali lagi ada yang bilang itu cocok-cocokan, jadi sebagai permulaan saya beli yang manual dulu. Selain pompa , saya juga beli botol kaca merek BKA sama plastik ASI merek GaBag sama Natur. Oh ya, pompa saya beli di fanny babya harganya Rp 250,000

10. Tambahan
Saya juga nggak tahu menurut ibu-ibu lain barang-barang ini penting apa nggak dibeli atau wajib dibeli dari sekarang apa nggak, tapi ini cuma list barang tambahan yang menurut saya cukup penting, kayak gunting kuku bayi, deterjen baju bayi (niatnya sih biar bajunya awet sampe saya punya anak kedua HAHA), stagen (disuruh mama biar perutnya balik lagi kayak dulu), penyanggah perut (cuma kepake hitungan jari, abis itu males soalnya bikin perut jadi gede dan baju makin sempit hiks), breast pad (buat nampung ASI kalo-kalo ASI nya banjir; saya sih ngarep bisa banjir makanya beli aja), sabun khusus untuk nyuci botol atau pompa ASI.

Udah segitu aja list perlengkapan dan peralatan bayi yang saya beli, semoga membantu yah :D



Happy Bear
ITC Kuningan lt. semi dasar Blok C

Fanny Baby
ITC Kuningan lt. 4

CONVERSATION

1 komentar:

Back
to top